Minggu, 01 Oktober 2017

4 Tipe Kepribadian Manusia

Sanguinis adalah kepribadian yang riang dan energik. Mereka kaum sanguinisakan memastikan membuat semua orang senang dan terhibur.
Sanguinis atau si superstar. Memiliki sifat ekstrovert, membicara dan optimis.

Ciri-ciri sifat sanguinis :



·         Cenderung populer dan disenangi banyak orang,


·         Hidupnya penuh dengan bunga warna-warni,.


·         Senang berbicara tanpa dihentikan,


·         Gejolak emosinya bergelombang dan transparan,


·         Senang menolong orang lain tetapi tidak dapat jadi sandaran,


·         Pada suatu saat dia teriak kegirangan kemudian beberapa saat dia bisa jadi menangis tersedu-sedu,


·         Sedikit pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berfikir pendek, dan hidupnya serba tidak teratur,


·         Jika suatu saat Anda meliha meja kerja pegawai Anda atau bahkan Anda sendiri cenderung berantakan, sepertinya ia adalah sanguinis. Kemungkinan besar ia pun kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa terhadap janji apalagi membuat planning / rencana. Akan tetapi jika disuruh melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat mengiyakan dan terlihat seperti benar-benar hal itu akan ia lakukan dengan segera dan bersemangat, tapi percayalah beberapa hari kemudian ia tak melakukannya.


Melankolis atau si sempurna. Ia memiliki sifat introvert, pemikir dan pesimis. Agak bersebrangan dengan sanguinis. Melankolis ini cenderung serba teratur, rapi, terjadwal dan tersusun sesuai pola.

Ciri-ciri sifat melankolis :



1.     Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam . Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara  mendalam sekali.


2.     Orang melankolis selalu ingin serba sempurna .


3.     Segala sesuatu ingin teratur. Karena itu jangan heran jika balita anda yang `melankolis’ tak `kan bisa tidur hanya gara-gara selimut yang membentangi tubuhnya belum tertata rapi .


4.     Dan jangan pula coba-coba mengubah isi  lemari yang telah disusun si`melankolis’, sebab betul-betul ia tata-apik sekali, sehingga warnanya, jenisnya, klasifikasi pemakaiannya sudah ia perhitungkan dengan rapi. Kalau perlu ia tuliskan satu per satu tata letak setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan dongkol sekali kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

Koleris atau “Si Kuat” memiliki sifat yang ekstrovert, pelaku, optimis. Orang koleris senang dengan tantangan, suka berpetualang, tegas dan kuat. Apa saja ciri-ciri sifat koleris lainnya. Simak dibawah ini.

Ciri-ciri Sifat Koleris :



1.     Suka sekali mengatur orang


2.     Suka menunjuk atau memerintah orang


3.     Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya, bahkan tamu pun bisa saja ia `suruh’ melalukan sesuatu untuknya. Akibat sifatnya yang `bossy’ itu membuat banyak orang koleris tak punya banyak teman


4.     Orang-orang berusaha menghindar dan menjauh agar tak jadi `korban’ karakternya yang suka `ngatur’ dan tak mau kalah itu


5.     Senang dengan tantangan, suka petualangan


6.     Tegas, kuat, cepat dan tangkas dalam mengerjakan sesuatu


7.     Baginya tak ada istilah tidak mungkin. Seorang wanita koleris, mau dan berani naik tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. Kalau ia sudah kobarkan semangat “ya pasti jadi…” maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah.


Plegmatis ini tak suka terjadi konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran.

Ciri-ciri Sifat Plegmatis :


1.     Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya nggak terus berkepanjangan


2.     Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin


3.     Cenderung diam, kalem dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan


4.     Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda


5.     Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara terus, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang plegmatis. Sedang yang bicara tentu saja sang Sanguinis.


6.     Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para plegmatis ini. Ibarat keledai, “kalau didorong ngambek, tapi kalau dibiarin nggak jalan”.

7.     Jadi jika Anda punya staf atau pegawai plegmatis, anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi oleh dirinya sendiri.




FOLLOW INSTAGRAM: DION_DUB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Life🔥NEVER RETREAT,NEVER SURRENDER

Teruslah berbuat baik, walaupun Kamu masih di anggap jahat oleh orang,karena belum tentu semua org bisa memahami mu.Tetap semangat dalam men...

Translate